Selasa, 08 Desember 2009

4 Generasi Sistem Operasi Komputer

Perkembangan Sistem Operasi yang terbilang pesat telah menjadi salah satu fenomena yang menarik. Nah, bagaimana kalau kita coba “menengok” ke belakang “Generasi Sistem Operasi“, untuk sekedar mengetahui sejauh mana Sistem Operasi Komputer telah berkembang hingga saat ini.

Mari kita mulai dengan mengenal generasi pertama dari sistem operasi :

1. Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung. Hmm…, kalau dibayangkan rasanya masih cukup merepotkan ya ….
2. Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.

3. Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).

4. Generasi Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa ini sistem operasi sudah dipergunakan untuk keperluan jaringan komputer , hal ini dikarenakan pemakai menyadari pentingnya keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lain. Dengan pemanfaatan seperti ini akan semakin memudahkan pekerjaan.

Comments :

4 komentar to “4 Generasi Sistem Operasi Komputer”

Unknown mengatakan...
on 

blog mu koyok kunam

Unknown mengatakan...
on 

sipp..thnks info

My blog

Unknown mengatakan...
on 

makasih
kunjungi

Kurniawanto mengatakan...
on 

mantap bung
My blog

Blog Archive

IP
 

Copyright © 2009 by BLOG IT